Laman

KESALAHAN YANG SEMESTINYA DIHINDARI SAAT INTERVIEW



Bagi kebanyakan orang, interview adalah menjadi satu bagian yang menegangkan dari proses mendapatkan pekerjaan. Beberapa kesalahan bisa saja terjadi, keberhasilan dari interview adalah bila kita dapat menghindari kesalahan kesalahan kecil yang sederhana saat interview.
Hal-hal yang harus Anda hindari saat interview adalah sebagai berikut:

1. Tidak mengetahui latar belakang dan bisnis utama perusahaan tersebut:
Pihak perusahaan akan mengharapkan kandidatnya untuk lebih dulu membaca profil tentang perusahaan mereka. Melakukan riset sebelum pelaksanaan interview , dan siapa saja pesaing mereka yang anda ketahui. Jika Anda tidak meluangkan waktu untuk melihat situs perusahaan mereka dan tidak  memahami siapa yang akan mereka rekrut, maka Anda akan mengurangi peluang Anda untuk suksesnya proses interview tersebut.
2.  CV anda tidak jelas:
Tulislah CV anda dengan ringkas, sederhana dan tidak bertele tele. Termasuk pengalaman, bakat, prestasi, kekuatan dan kemampuan anda sehingga sesuai dengan  apa yang dibutuhkan perusahaan.
3. mengajukan pertanyaan yang tidak berhubungan dengan pekerjaan yang anda lamar:
sampaikan 3-4 pertanyaan yang cerdas agar meninggalkan kesan positif. Interview  adalah pertukaran informasi, dan bukan berarti kita tidak boleh bertanya.

4. Pakaian anda tidak rapi:
berpakaianlah layaknya seorang profesional dan perhatikan tiap detil yang anda pakai. Karena kesan pertama adalah dari kerapian penampilan pakaian yang anda pakai

5. Tidak menjadi diri sendiri:
Jadilah diri anda sendiri dan jujur! Jangan berpura-pura untuk memahami pertanyaan yang anda tidak mengerti. Pewawancara akan mengetahui hal ini. Jika Anda tidak tahu jawabannya, sampaikanlah dengan bahasa apa adanya dan tidak mengada ada.

6. Tidak fokus mendengarkan pertanyaan:
Fokuslah pada pertanyaan yang disampaikan

7. Tidak memberikan jawaban yang rinci dan detil:
Ketika menjawab pertanyaan, terangkan dengan detil mulai dari proses awal sampai akhir. Perekrut jauh lebih tertarik melihat bagaimana anda berpikir.

8. Kurangnya antusias anda:
Lakukan kontak mata, sambut pewawancara dengan senyum dan jabat tangan erat (tidak terlalu lemah, tidak terlalu kuat), dan menunjukkan kesopanan. Tunjukkan kepercayaan diri anda.

9. Datang terlambat ke tempat interview,
Banyak pengusaha tidak bisa mengerti mengapa kandidat karyawan ada yang datang terlambat ke tempat interview, seolah olah anda tidak memiliki kepentingan besar dalam hal ini.
Jika ada hal emergency dan tidak dapat datang tepat waktu, maka sampaikan sesegera mungkin ke pihak perusahaan. Sehingga anda akan dilihat serius dalam menghadiri acara interview tersebut.

Demikianlah beberapa tips yang semestinya tidak kita lakukan disaat persiapan untuk interview, semoga bermanfaat.  

No comments:

Post a Comment